Syarat Beserta Hikmah dalam Berkurban
Cari Berita

Advertisement

Syarat Beserta Hikmah dalam Berkurban

Kamis, 29 Agustus 2019



Tak terasa suara gemuruh takbir sudah tidak terdengar lagi di berbagai penjuru negri. Ini menandakan umat muslim sudah selesai merayakan Idul Adha.  Idul adha merupakan hari dimana umat muslim berlomba-lomba dalam mencari pahala yaitu dengan cara ber-qurban. Sejarah Qurban dimulai dari kisah nabi Ibrahim a.s dan putranya yaitu nabi Ismail. Dari kisah tersebutlah Allah memerintahkan umat muslim untuk ber-Qurban. Perintah qurban ada dalam QS. Al-Kautsar ayat 2.  Definisi qurban itu sendiri adalah hewan tertentu yang disembelih oleh manusia yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hewan tertentu yang dimaksud adalah jenis hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan unta. Dalam berqurban tidak boleh asal-asalan. Dalam berqurban ada syarat-syaratnya.  Usia hewan qurban harus yang ditentukan syariat islam. Usia hewan tersebut  yang boleh dijadikan qurban adalah :
Ø  Unta minimal berusia 5 tahun dan telah masuk usia 6 tahun
Ø  Sapi minumal berusia 2 tahun dan telah masuk usia 3 tahun
Ø  Domba berusia 1 tahun atau minimal berusia 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba berusia 1 tahun
Ø  Sedangkan kambing minimal berusia 1 tahun dan telah masuk usia 2 tahun

         Selain itu, hewan yang mau diqurbankan tidak boleh cacat dan bukan milik orang lain. Sedangkan waktu penyembelihan/pemotongan hewat qurban yaitu setelah shalat idul adha dan batas akhir penyembelihan hewan qurban yaitu terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah. Sedangkan menurut mazhab imam Syafi’i dalah 4 hari setelah idul adha. Ada banyak hikmah yang terkandung dalam berqurban, yaitu :
A.    Setiap helai bulu hewan qurban akan dibalas satu kebaikan
B.     Sebagai ibadah yang paling dicintai oleh Allah SWT
C.     Sebagai ciri keislaman seseorang
D.    Sebagai syiar islam
E.     Untuk mengenang ujian kecintaan Allah kepada Nabi Ibrahim
F.      Sebagai misi kepedulian untuk sesama
    
         Berqurban hukumnya wajib bagi seseorang yang mempunyai kelapangan harta dan kecukupan rezeki. Bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut. Qurban termasuk ibadah sunnah yang sayang jika ditinggalkan karna allah sangat mencintai orang-orang yang mau mengeluarkan hartanya untuk berqurban.


Sumber :