Pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi Pada Kehidupan Mahasiswa
Cari Berita

Advertisement

Pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi Pada Kehidupan Mahasiswa

Rabu, 28 Agustus 2019




Pasti banyak dari kalian yang baru mendengar Tri Dharma kampus itu apa?. Khususnya yang baru mau masuk perguruan tinggi, kita disini akan membahas tentang arti Tri Darma itu apa, Tri Dharma adalah salah satu tujuan pencapaian yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut, dan mereka harus menciptakan mahasiswa yang kreatif, inovatif, mandiri. Dan setiap mahasiswa bertanggung jawab atas tri darma kampus, seluruh dosen, serta sivitas akademik memiliki sivitas akademika.
Setelah kita mengetahui pengertian apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan untuk memahami nya lagi. Kita perlu tau isi Tri Dharma dan pengaplikasiannya. Disini kita akan membahas pengaplikasian nya:
1. Pendidikan dan Pengajaran
Pendidikan merupakan point yang pertama, karena memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran dan peran kaum intelektual sangat dibutuhkan bagi suatu bangsa pendidikan dan pengajaran yang baik akan menghasilkan bibit unggul dari suatu perguruan tinggi yang akan mampu membawa bangsa bisa lebih maju lagi.
2. Penelitian dan Pengembangan
Pada penelitian dan pengembangan juga sangatlah penting untuk kemajuan perguruan tinggi. Dari penelitian dan pengembangan maka mahasiswa dapat mengembangkan ilmu dan teknologi, karena pada penelitian dan pengembangan mahasiswa dapat berfikir cerdas, kreatif dan kritis dalam menjalankan peran nya sebagai agen perubahan dengan itu mereka dapat membuat bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan terdepan.
3. Pengabdian Kepada Masyarakat
Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.Pada hal ini mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu berkontribusi nyata
Pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi
Dari pengertian di atas kita sudah mendapatkan gambaran tentang pengaplikasian dari Tdi Dharma Perguruan Tinggi ini. Jika dilihat sepintas begitu sederhana pengaplikasian nya, akan tetapi tidak akan berjalan apabila tidak ada sistem baik dan teratur dalam perguruan tinggi tersebut.
Membangun gerakan dalam dunia pembelajaran di masyarakat untuk mendorong terciptanya hubungan sosial serta terjaga nya nilai nilai kebudayaan.
Membangun sistem pengembangan ilmu yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat dan melakukan pemanfaatan sumber daya serta nilai nilai yang ada dalam masyarakat.
Membangun nilai nilai yang sejalan dengan keberagaman yang diterima sebagai kekayaan dan tidak lagi dipertentangkan atau ada yang merasa tidak di anggap sebagai keberagamaan.

Itulah sedikit penjelasan dan pengaplikasiannya semoga bermanfaat untuk anda semua, dan para mahasiswa dapat menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini.
( Isti Nur Oktafiani )