Konsumsi Buah Sebelum Makan Besar? Cek Manfaatnya!
Cari Berita

Advertisement

Konsumsi Buah Sebelum Makan Besar? Cek Manfaatnya!

Rabu, 28 Agustus 2019




Pengertian buah secara umum adalah salah satu bagian dari tanaman atau pohon yang berdaging dan dapat dimakan sebagai makanan yang bisa memberikan efek mengenyangkan, menyehatkan dan menyenangkan (Afarel, 2016). Buah mengandung banyak serat dan vitamin, selain sering dikonsumsi karena rasanya yang enak, buah juga dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.

Mengkonsumsi buah dapat memberikan manfaat bagi pencernaan, mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan lain sebagainya. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada buah antara lain; vitamin dan mineral seperti vitamin C, asam folat, kalium, vitamin A (beta karoten), vitamin E, magnesium, dan zinc. Air serta anti oksidan dan fitonutrien juga terdapat pada buah dan sama-sama memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh (ALODOKTER, 2018).

Dalam mengkonsumsi buah, sering terdengar istilah “cuci mukut” atau memakan buah setelah makan besar. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan. Namun ternyata mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan besar memberikan manfaat yang sangat besar. Berikut merupakan manfaat mengkonsumsi buah sebelum makan besar seperti yang dijelaskan oleh detikHealt. Yang dilansir dari Boldsky, Kamis (21/2/2013).

1.      Mengonsumsi buah-buahan sebelum makan dapat  membantu menurunkan berat badan. Jika buah-buahan dikonsumsi setelah makan, maka tubuh memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk mencernanya. Konsumsilah buah 20-30 menit sebelum makan.

2.      Karena tubuh tidak mendapat makanan apapun selama 8-9 jam saat tidur, maka dianjurkan mengonsumsi buah setiap pagi sebelum sarapan. Cara ini akan membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Mengkonsumsi buah di pagi hari memberikan efek yang baik bagi tubuh.

3.      Hindari mengonsumsi buah sebagai lauk makanan. Demikian juga, makan buah sebagai dessert atau pencuci mulut tidak akan memberikan hasil yang optimal bagi tubuh, terlebih jika buah dicampur dengan salad tinggi gula atau es krim.

4.       Hindari mengonsumsi buah kaleng, buah beku atau buah-buahan yang diproses seperti jus. Buah-buahan seperti ini biasanya lebih banyak mengandung gula, pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

5.       Makan buah-buahan yang sehat setiap pagi pada kondisi perut kosong (sebelum sarapan), membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi penting yang diperlukan dan ditemukan dalam buah-buahan.

Mengkonsumsi buah memang memberikan banyak manfaat, namun harus diperhatikan kondisi tubuh, porsi dan kapan waktu mengkonsumsi buah tersebut.
 Muhamad Wisnu Al Rasyid

Referensi: